Workshop psychosociopreneur: Revitalisasi dan Implementasi Kurikulum Berbasis Revolusi Industri 4.0

Narasumber, Bapak Rahmat Hidayat, M.Sc. Ph.D
Peserta Workshop beserta Narasumber

Pada Hari Sabtu, 18 Mei 2019 Fakultas Ilmu Sosial melaksanakan kegiatan yaitu workshop psychosociopreneur: Revitalisasi dan Implementasi Kurikulum Berbasis Revolusi Industri 4.0. Narasumber dalam workshop ini adalah Rahmat Hidayat, M.Sc, Ph.D dan Dr. Budi Setiawan, M.Si. Rahmat Hidayat merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada yang memiliki kepakaran dalam pengembangan psikologi ekonomi. Dalam paparannya, untuk pengembangan kurikulum yang mengarah pada kewirausahaan maka Fakultas dan Program Studi harus fokus pada tindakan (benchmarcks) yang menarik, seperti melalui program penelitian dan pengabdian yang sejalan dengan visi Fakultas. Selain itu, konteks kewirausahaan dapat diimplementasikan ke dalam mata kuliah inti psikologi yang relevan. Perlu dilakukan penambahan mata kuliah yang dapat mendukung implementasi kurikulum psyhosociopreneur seperti perilaku konsumen, akan membantu mahasiswa memahami dinamika kognitif dan perilaku individu dalam menjalankan wirausaha.

Pemaparan Rahmat Hidayat, M.Sc., Ph.D juga ditambahkan oleh Dr. Budi Setiawan, M.Si berkaitan dengan pengembangan kurikulum berbasis kewirausahaan sosial. Ada pembagian proporsi kompetensi kurikulum yang harus sejalan antara Universitas-Fakultas-Program Studi, antara lain kompetensi inti

Narasumber, Bapak Rahmat Hidayat, M.Sc. Ph.D

(55-60%), kewirausahaan sosial (30%), dan kompetensi pendukung (15%). Ketiga kompetensi kurikulum tersebut dapat dibangun melalui pembelajaran andragogi, pembelajaran enterpreneurship dan kegiatan kemahasiswaan, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi dalam kewirausahaan sosial antara lain kemampuan mengenali peluang-peluang baru, memahami manajemen resiko, menguasai seni dalam berinovasi dan mampu membuat social enterprise planning.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*