Konseling Pengembangan Diri

konseling psiBeragamnya warna warni permasalahan yang dihadapi oleh individu baik ringan ataupun berat sebaiknya tidak dibiarkan menumpuk dalam pikiran. Mengabaikan masalah hingga akhirnya tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menimbulkan tekanan yang sangat mengganggu dan mengancam kesehatan fisik dan mental. Oleh karenanya, Prodi Psikologi UMPurworejo memiliki program layanan konseling bagi masyarakat yang membutuhkan solusi atas permasalahan pribadi. Konseling bertujuan untuk mengubah perilaku yang salah, belajar membuat keputusan, dan mencegah timbulnya masalah.

Selain menyelengggarakan pendidikan, Prodi Psikologi juga memiliki tujuan untuk menyelenggarakan kegiatan layanan pada masyarakat, yang diantaranya berupa konseling individual. Kegiatan konseling individu yang dilakukan oleh Prodi Psikologi sudah dilakukan beberapa kali oleh dosen di Prodi Psikologi. Salah satu diantaranya adalah konseling yang dilakukan oleh Wanodya Kusumastuti pada tanggal 15 Juni 2017 di ruang dosen Psikologi. Konseling tersebut dilakukan kepada seorang klien dari luar Prodi yang mengetahui adanya Prodi Psikologi dari temannya. Klien tersebut memiliki masalah pribadi yang berkaitan dengan kebingungannya dalam menentukan masa depan dikarenakan sebagai anak ia merasa didominasi oleh orang tuanya.

 Hasil dari konseling tersebut adalah klien merasa lebih lega setelah menceritakan permasalahannya pada psikolog. Selain itu, klien juga mendapatkan gambaran mengenai langkah-langkah apa yang harus dilakukannya dalam mengatasinya permasalahannya. Klien dan konselor atau psikolog menyepakati apabila klien masih membutuhkan bantuan diperkenankan untuk mengadakan pertemuan kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*