Abdimas : Strategi Pemasaran Pariwisata Desa Wisata Hutan Berbasis Digital 2018

Tim Abdimas UMPWR di Kalipaingan
Tim Abdimas UMPWR di Kalipaingan

Salah satu bentuk pelayanan perguruan tinggi Muhammadiyah kepada masyarakat adalah melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan satu bagian penting dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Selain menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, pengabdian masyarakat merupakan bentuk peran Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam membangun bangsa dan berdakwah. Tidak ketinggalan,  Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah Purworejo telah melaksanakan berbagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.

IMG_5698Pengabdian masyarakat oleh dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo tidak hanya dilaksanakan di dalam kabupaten Purworejo namun juga telah merambah di kota-kota lain. Seperti pengabdian yang telah di laksanakan di Kabupaten Pekalongan pada tanggal 29 Juli 2017 ini. Pengabdian Masyarakat dengan bentuk kegiatan Workshop Strategi Pemasaran Desa Wisata Hutan Berbasis Digital 2018 telah suskes atas kerjasama lintas disiplin ilmu, Psikologi, Bahasa, dan Fisika. Melalui kerjasama multidisipliner akan mampu memberikan solusi yang konprehensif bagi permasalahan masyarakat dalam hal ini Pengelola Desa Wisata Hutan/ Wisata Edukasi Kalipaingan.

Psikologi memiliki peran penting dalam setiap lini kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan pengabdian masyarakat ini, pembicara dari Program Studi Psikologi UMPWR, Wakhid Musthofa, M.Psi. menyampaikan materinya berkaitan dengan strategi memaksimalkan pariwisata melalui media informasi dan digital  dengan memahami prinsip-psinsip perilaku konsumen. Sedangkan anggota tim yang lain menyampaikan materi potensi wisata di Indonesia (Yusro Al-Hakim, M.Sc.) dan proses pembuatan konten digital (Edi Sunjayanto, M.Pd) . Di akhir program, para peserta workshop menyampaikan kebermanfaatan program pengabdian yang diselenggaranakn atas nama Universitas Muhammadiyah Purworejo. Program pengabdian masyarakat tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya partisipasi aktif dari para peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini. (red/WM)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*